Wow! 4 Rumah Ini Ternyata Dibuat dari Sampah!

Penulis : Yesy Mayang Sari

Dan Phillips seorang kontraktor asal Texas, mempunyai ide gila dalam merancang sebuah hunian. Apakah itu?

Pada umumnya, rumah dibangun menggunakan bahan baku bata merah dan semen. Material batu kali pun terkadang di tambahkan sebagai pondasi dengan tujuan memperkokoh rumah. Namun, bahan baku berbeda diaplikasikan ke 7 rumah unik ini. Material umum seperti itu diganti dengan bahan-bahan daur ulang dari sampah, seperti genteng keramik rusak, mangkuk pecah, botol minuman, cerimin yang sudah retak, hingga tulang belulang.

Seorang kontraktor asal Texas bernama Dan Phillips adalah salah satu penggagasnya. Ia mengemban sebuah misi, dengan tujuan membuktikan bahwa bahan daur ulang dapat dipakai untuk menciptakan sebuah hunian yang murah. Hanya berbekal kreativitas tinggi, rumah-rumah ini ditujukan bagi para seniman, single parents, dan keluarga berpendapatan rendah.

Nah, seperti apakah potret "rumah sampah" karya Phillips itu?

1. Rumah Tulang



Bentuknya yang unik membuat rumah ini menarik minat dan perhatian para seniman. Secara keseluruhan, struktur rumah ini terbuat dari kayu, namun dekorasi rumah dan ornamen-ornamennya terbuat dari tulang binatang.

2. The Sign House


The Sign House, dari namanya saja sudah jelas bahwa rumah ini didekorasi dengan plang petunjuk jalan yang kodisinya sudah tidak layak pajang. Phillips memiliki ide untuk menjadikan plang petunjuk jalan sebagai dekorasi dinding luar rumah sehingga tampilan rumah menjadi lebih berkarakter. Lihat saja, kumpulan plang-plang petunjuk jalan menghadirkan kesan pop-vintage pada  rumah tersebut! So creative!

3. Rumah Pohon



Terletak di Huntsville, Texas, The Tree House menjadi proyek pertama rumah daur ulang hasil kreatifitas Dan Phillips. Tapi jangan salah paham dulu, walaupun lokasinya di atas pohon, Phillips tetap wajib mengurus prosedur menyewa pohon tersebut, loh!


Dengan langit-langit rumah terbuat dari bingkai foto bekas, menciptakan banyak inspirasi bagi para seniman saat berada di sini. Lubang-lubang tertutup kaca pun dibuat dengan tujuan sinar matahari dapat masuk secara maksimal.

4. License Plate House


Diberi nama demikian karena atapnya didominasi oleh ribuan plat nomor kendaraan bermotor. Untuk mendapatkannya secara gratis, Phillips dan rekannya mendatangi kantor pajak setempat yang membuang banyak plat nomor lama yang tidak terpakai. Dari luar rumah ini memang tampak lusuh, namun siapa sangka interior di dalam rumah tampah sangat menawan.

Penampakan atap rumah.
Plat-plat disusun secara rapi dan telaten.

Kombinasi plat nomor dengan kayu membuat rumah tampak unik dan nyaman.


Source: liputan6.com

1 comment:

  1. Info yg unik dan menarik. Kreatif, dari tema ini bisa dijadikan berbagai macam berita dan informasi, yg mungkin orang2 belum mengetahuinya.
    Thank u

    ReplyDelete